Pengirim : Admin Sistem
Tanggal Kirim: 25-09-2015 14:12:30

INFORMASI DI UJUNG JARI ANDA - INOVASI LAYANAN SMS PERKARA PN BANGKINANG



BANGKINANG - HUMAS, Saat ini informasi menjadi bagian terpenting dari keseharian masyarakat, begitupula dengan tuntutan pelayanan informasi pengadillan. Meskipun saat ini pengadilan telah menyediakan fasilitas pelayananan informasi elektronik berbasikan situs web dan penelusuran informasi perkara. Jangkauan media tersebut sangat terbatas pada segmen masyarakat yang mendapatkan akses internet dan memiliki jaringan internet saja, belum pada masyarakat luas terutama yang tinggal di desa-desa jauh dari kota kabupaten tempat pengadilan.

Keterbatasan sumber daya juga menjadi tantangan pengadilan untuk memberikan pelayanan informasi yang maksimal. Dengan tersebarnya teknologi seluler sampai ke pelosok desa, dan penetrasi ponsel yang cukup massif untuk semua orang; Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang membuat terobosan pelayanan dengan menggunakan pesan singkat atau SMS ( Short Message Service) untuk informasi jadwal sidang, informasi data perkara dan informasi status putusan.

Pengguna hanya cukup mengetikan dengan format tertentu spasi nomor perkara dikirimkan ke nomor 081270256364, jika sinyal bagus maka akan mendapatkan respon jawaban jadwal sidang dengan cepat dan akurat. Informasi yang saat ini dapat dilayani oleh system adalah, jadwal sidang, info perkara dan status perkara. Layanan ini menggunakan biaya pulsa sms operator terkait Bangkinang yang terletak di Kabupaten Kampar, Riau telah dilayani oleh hampir semua operator seluler sehingga masyarakat akan lebih mudah menggunakan layanan ini. Data yang digunakan diambil dari database sistem informasi informasi perkara yang selalu dimutakhirkan, sehingga masyarakat dapat mengakses informasi terkini. Hanya saja pada saat ini server komputer belum dapat dimaksimalkan sampai 24 jam karena keterbatasan infrastruktur. Sehingga layanan baru dapat dilakukan hanya pada jam kerja.

Dalam hal ini, masyarakat terutama pencari keadilan sangat membutuhkan informasi pengadilan seperti jadwal sidang, dan biaya perkara dengan cepat. tentu ini sangat memprihatinkan jika ada pencari keadilan yang berdomisili sangat jauh dari pengadilan pergi ke pengadilan hanya untuk menanyakan perkara atau jadwal sidang, oleh sebab itu saat ini PN Bangkinang mengembangkan system SMS dengan harapan pelayanan informasi menjadi terdepan dan dekat dengan masyarakat.

Saat ini PN Bangkinang meskipun dengan sarana dan prasarana yang terbatas dengan semangat dan kreatifitas tinggi terus berinovasi demi mewujudkan badan peradilan yang agung. Serta selalu menjadi yang terdepan dalam pelayanan informasi publik yang cepat, tepat dan berbiaya ringan dengan SMS gateway, sehingga informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat terkait informasi publik di Pengadilan Negeri Bangkinang cukup di ujung jari anda saja,

Berikut ini adalah petunjuk Layanan SMS Perkara:

SMS dikirim ke nomor 0812 7025 6364 dengan Format:

Untuk informasi format standard pengiriman SMS : ketik FORMAT kirim ke 081270256364

untuk Jadwal Sidang : ketik Jadwal{Spasi}NomorPerkara kirim ke 081270256364

untuk informasi perkara : ketik INFO{Spasi}NomorPerkara kirim ke 081270256364

untuk status putusan perkara : ketik STATUS{Spasi}NomorPerkara kirim ke nomor 081270256364

sebagai contoh penulisan SMS adalah sebagai berikut:

JADWAL 102/Pid.B/2015/PN Bkn

INFO 9/Pdt.G/2015/PN Bkn

STATUS 312/Pid.Sus/2015/PN Bkn

Layanan SMS Perkara hanya dapat dilakukan pada jam kerja yaitu: Senin s.d Kamis Jam 08.00 WIB s.d Jam 16.30 WIB, Jumat Jam 08.00 WIB S.d Jam 17.00 WIB, adapun jika masyarakat mengirimkan SMS diluar jam tersebut maka SMS tersebut akan di balas pada pada jam kerja hari berikutnya, hal ini disebabkan karena server SIPP/CTS di PN Bangkinang untuk sementara waktu hanya aktif pada jam kerja..