Pengirim : Admin Sistem
Tanggal Kirim: 09-01-2017 13:10:12

PELAKSANAAN APEL SENIN PAGI DAN JUMAT SORE DI PENGADILAN NEGERI BANGKINANG



BANGKINANG - HUMAS, Sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Badilum No. 2/DJU/KP02.1/6/2014 tanggal 10 Juni 2014 Tentang Penegakan Disiplin di Lingkungan Peradilan Umum yang salah satu poinnya meminta Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama di Lingkungan Peradilan Umum untuk melaksanakan apel pagi pada setiap hari Senin dan apel sore pada setiap hari Jumat bagi seluruh tenaga teknis dan non teknis peradilan.

Selain itu, poin berikutnya dalam Surat Edaran Dirjen Badilum tersebut juga meminta untuk setiap bulannya dibuat Rekapitulasi Absen dan melaporkan tenaga teknis yang indisipliner. Dalam surat tersebut juga meminta untuk setiap Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Tinggi untuk menyiapkan sarana ruang tunggu, ruang mediasi, menyediakan sarana informasi bagi publik, data terbaru pada aplikasi SIPP (Sistem Infomasi Penelusuran Perkara) dan SIMPEG (Sistem Informasi Kepegawaian).

Komitmen dan Disiplin Pegawai merupakan salah satu unsur suksesnya sebuah instansi pemerintahan. karena landasan awal yang kuat pada aspek Komitmen dan Disiplin Pegawai akan memudahkan di dalam penanaman visi, misi dan sasaran sebuah instansi pemerintahan sehingga prosentase pencapaian target kinerja dapat lebih dioptimalkan.

Untuk mengimplementasikan Komitmen dan Disiplin Pegawai tersebut, Pengadilan Negeri Bangkinang telah menerapkan Surat Edaran Dirjen Badilum No. 2/DJU/KP02.1/6/2014 dengan melakukan Apel Pagi setiap hari senin dan Apel Sore setiap hari Jumat.

Dalam kegiatan Apel Pagi, yang diutamakan adalah Kedisiplinan mengikuti Apel dan Komitmen untuk selalu secara bersama membaca, memahami dan menerapkan Visi, Misi dan Budaya Kerja pegawai. Disamping itu, kesempatan Apel Pagi juga dimanfaatkan oleh Pimpinan untuk sharing informasi serta memberikan arahan-arahan terkait peningkatan kinerja pegawai Pengadilan Negeri Bangkinang, mengajak seluruh pegawai di Lingkungan Pengadilan Negeri Bangkinang untuk mengetahui tingkat kedisiplinan, kesadaran nasional, tanggung jawab, dan pengabdian sebagai aparatur sipil negara.

Kegiatan apel sangat penting dimana pemimpin dapat memobilisasi pegawai, mengarahkan, menginformasikan, merencanakan, mengevaluasi kegiatan yang akan dan telah dilaksanakan sedangkan bagi pegawai bermanfaat karena dapat memberi motivasi dan memupuk rasa kekeluargaan dan kekompakan diantara pegawai, bertambah wawasan dan kesempatan belajar untuk menjadi seorang pemimpin.

Harus disadari, bahwa Apel pagi yang diselenggarakan secara rutin dan teratur, bukan sekedar memenuhi kewajiban belaka. Tetapi lebih dari pada itu untuk membentuk sikap perilaku disiplin, kegiatan apel mempunyai nilai yang sangat strategis dalam rangka membina dan mengembangkan sekaligus meningkatkan budaya kerja, bersih dan sikap positif dari seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bangkinang.

Oleh karena itu, Pimpinan selalu menekankan agar pegawai dan hakim di lingkungan Pengadilan Negeri Bangkinang, untuk meningkatkan disiplin serta budaya kerja yang bersih dan disiplin. Selain itu, seluruh pegawai da hakim di lingkungan Pengadilan Negeri Bangkinang juga harus menaati standar operasional prosedur (SOP) dalam setiap tugas yang dijalankan, dengan menggunakan aturan administrasi dan tata cara yang benar serta pemberdayaan laporan-laporan kinerja yang profesional dan rasional sesuai standar Sasaran Kinerja Pegawai, Terlebih dalam rangka menghadapi Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Bangkinang pada tahun 2017 ini.



.