Pengirim : Admin Sistem
Tanggal Kirim: 17-05-2017 09:11:12

DIREKTUR JENDERAL BADAN PERADILAN UMUM MENGADAKAN SUPERVISI DAN KUNJUNGAN KE PN BANGKINANG



BANGKINANG - HUMAS, Pada hari Selasa tanggal 16 Mei 2017 Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum MA RI yaitu Bapak Dr. H. HERRI SWANTORO, SH., MH. Mengadakan supervisi dan kunjungan ke Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB, sekitar pukul 09.30 WIB beliau sampai di Kantor Pengadilan Negeri Bangkinang disambut langsung oleh Ketua PN Bangkinang Bapak Arif Nuryanta, SH, MH, dan Wakil Ketua Bapak Rudito Surotomo, SH, MH, beserta Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional. dalam rombongan tersebut hadir pula Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Pekanbaru yaitu Bapak SYAFRULLAH SUMAR,SH,MH, Tim Redaksi Majalah Dandapala yang juga Hakim Tinggi Bangka Belitung yaitu Bapak Dr Binsar M Gultom SH SE MH, Ketua Pengadilan Negeri Pekanbaru yaitu Bapak Drs. ARIFIN, SH., M.Hum, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pinang yaitu Bapak Joni, SH, MH, dan juga rombongan lain dari Dirjen Badilum.


Kunjungan ke PN Bangkinang ini sekaligus peninjauan secara langsung melihat pelayanan dan kinerja Pengadilan Negeri Bangkinang, beliau beserta rombongan langsung meninjau sistem pelayanan informasi di meja informasi dan pengaduan bagian lobi pengadilan, dilanjutkan dengan mengecek kelengkapan sarana dan prasarana, fasilitas bagi pengunjung atau masyarakat pencari keadilan, kondisi ruang sidang, sarana pendukung seperti jalur disabilitas, ruang kesehatan, ruang ibu menyusui, ruang sidang anak, ruang ramah anak, ruang diversi, toilet, musholla, tempat whudu, areal parkir, ruang tunggu persidangan dan taman pun tidak luput dari pengawasannya. setelah berkeliling kesemua sudut pekarangan Pengadilan Negeri Bangkinang, Bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum langsung melakukan pengecekan terhadap ruangan kepaniteraan. mulai dari administrasi perkara, buku register perkara, pembukuan keuangan, standar operasional prosedur (SOP) dicek secara langsung oleh Bapak Dirjen Badilum. ruang kesekretariatan subbag umum dan keuangan, subbag perencanaan, teknologi informasi dan pelaporan dan subbag kepegawaian organisasi dan tatalaksana juga ditinjau secara langsung. absensi pegawai dikoreksi secara teliti dan ruang server pun dicek kelayakannya baik kondisi suhu, AC, serta teknologi pendukung lainnya. Pada kesempapatan kali ini Bapak Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum juga menyempatkan diri melakukan uji petik terhadap berkas yang sudah inkracht dan tersimpan didalam ruang arsip dengan hasil yang memuaskan.


Dalam wawancaranya dengan awak media massa dan tim humas PN Bangkinang beliau menyampaikan bahwa kunjungan ke PN Bangkinang ini dalam rangka melihat kinerja pelayanan yang diberikan kepada para pencarianan keadilan di PN Bangkinang, karena di Mahkamah Agung RI sudah ada standarisasi Indonesia Court Performance Excellence yang merupakan salah satu cara untuk mencapai badan peradilan indonesia yang agung, dimana PN ini sedang dalam proses akreditasi, sehingga perlu di cek bagaimana akses para pencari keadilan, mudah dan tidak dipersulit dalam pelayanannya, dan sarana-sarananya memadai. tadi sudah saya buktikan bahwa para terdakwa (para pencari keadilan) itu toiletnya sangat bagus bahkan toilet hakim kalah bagus dengan toilet tahanan. artinya di PN ini sudah memenapkan suatu pelayanan yang baik suda fokus kepada pelayanan pelanggan pengadilan, pelanggan pengadilan yaitu para pencari keadailan, justice area para jaksa, polisi, lembaga pemasayarakat harus dilayani dengan baik dan masyarakat pada umumnya para pencari keadilan baik perkara pidana ataupun perdata. saya tadi cek bagaimana keuangan perkara, bagaimana kinerja Panitera Pengganti, Hakim, bagimana regulasi peraturan yang diterapkan disini, prosedur penerimaan tamu, harus ada suatu komitmen bersama bahwa di sini sudah diterapkan zona integritas, maka PN Bangkinang harus konsekuen dengan deklarasinya membangun wilayah birokrasi bersih melayani dan bebas korupsi. kemudian komitmen yang kedua adalah kedisiplinan, tadi sudah saya cek bagaimana kinerja pegawainya, hakimnya, jadi performan bukannya sarana prasarananya yang bersih tetapi juga pelayanannya harus bersih kemudian harus tulus dan harus tidak mempersulit para pencari keadilan. jadi, saya secara tidak langsung datang kesini mengaudit dan nanti akan ada tim yang datang khusus untuk mengaudit menilai performance pengadilan ini. secara garis besar aspek-aspek penting sudah saya lihat sangat bagus.


Sekitar pukul 13.00 WIB bapak Dirjen meninggalkan PN Bangkinang dan direncanakan akan melanjutkan kunjungannya ke Pengadilan Negeri Pasir Pangaraian. Sebagai informasi bahwa sebelum ke PN Bangkinang beliau sudah terlebih dahulu mengunjungi PN Pekanbaru dan PN Pelalawan.


Supervisi dan kunjungan beliau akhirnya berbuah manis bagi keluarga besar PN Bangkiang, karena pada hari yang sama sekitar pukul 17.00 WIB Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum (TAPM Dirjen Badilum) yang didampingi oleh TAPM Pengadilan Tinggi Pekanbaru tiba dan langsung melaksanakan audit secara menyeluruh hingga pukul 01.00 WIB.

.