Pengirim : Admin Sistem
Tanggal Kirim: 04-07-2019 10:11:41

SOSIALISASI ERATERANG (APLIKASI ELEKTRONIK SURAT KETERANGAN) PADA PN BANGKINANG KELAS IB



BANGKINANG - HUMAS, Pada hari Rabu, Tanggal 3 Juli 2019, bertempat di ruang sidang utama cakra sekitar pukul 11.00 WIB, Pengadilan Negeri Bangkinang Mengadakan acara Sosialisasi Aplikasi ERATERANG untuk menjalankan Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum MA RI Nomor 44/DJU/SK/HMO2.3/2/2019 tentang Pemberlakuan Aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu plus (PTSP+) dan Elektronik Surat Keterangan (ERATERANG) Pada Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB, materi sosialisasi disampaikan secara langsung oleh Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB yaitu Jumari, ST, MH.

Acara Sosialisasi ini, turut dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, karyawan dan karyawati Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB, tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan pengenalan dan proses penggunaan aplikasi ERATERANG kepada semua pegawai di PN Bangkinang supaya mengetahui proses alur pembuatan surat keterangan yang dikeluarkan dari Pengadilan untuk masyarakat, yang mana saat ini proses pengajuan surat keterangan tersebut sudah bisa melalui aplikasi ERATERANG dan terintegrasi dengan sistem PTSP+. Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, masyarakat pencari keadilan di wilayah hukum Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB sekarang sudah bisa membuat surat keterangan secara online melalui aplikasi ERATERANG dan diharapkan akan semakin mempermudah masyarakat dalam membuat surat keterangan.

Ada 5 Jenis layanan surat keterangan elektronik pada aplikasi ERATERANG, antara lain:
1. Surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit
2. Surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana
3. Surat keterangan sedang tidak dicabut hak pilihnya
4. Surat keterangan dipidana karena kealpaan ringan atau alas an politik, dan
5. Surat Keterangan tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan dan/atau secara badan hokum yang menjadi tanggung jawabnya yang merugikan keuangan negara.

Dengan diterapkan aplikasi ERATERANG ini masyarakat tidak perlu datang langsung ke Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB untuk membuat permohonan surat keterangan, akan tetapi untuk mengambil surat keterangan yang ditandatangani oleh pengadilan, pemohon perlu datang dengan membawa berkas asli yang telah diunggah pada saat pengisian permohonan di aplikasi eraterang.

Acara sosialisasi yang berlangsung kurang lebih satu jam tersebut ditutup sekitar pukul 12.00 WIB.

.