Tanggal Posting: 00-00-0000 00:00:08

PN BANGKINANG MENGIKUTI ACARA PELATIHAN PPID

     Pengadilan Negeri Bangkinang mengikuti pelatihan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) dalam rangka untuk penerapan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan SEMA KMA No.1-144/KMA/SK/I/2011 Tentang Pedoman Pelayanan Informasi Di Pengadilan, acara dilaksanakan di Hotel ALila Jakarta pada tanggal 21 s/d 23 Januari 2014 dengan peserta dari 5 Pengadilan negeri yaitu PN. Bangkinang, PN Meulaboh (Aceh), PN Tapaktuan (Aceh), PN Blangkejeren (Aceh) dan PN Ketapang (Kalimantan), pelatihan tersebut selain membahas tentang penerapan keterbukaan informasi publik juga membahas tentang keaneragaman hayati yang erat kaitannya dengan isu lingkungan hidup, lima pengadilan yang ikut pelatihan tersebut merupakan daerah yang banyak isu-isu perkara yang berhubungan atau erat kaitannya dengan lingkungan hidup seperti kasus kehutanan, ilegal loggin, penambangan illegal, pencemaran lingkungan dan sebagainya mengingat daerah-daerah tersebut masih banyak kawasan hutan. pelatihan ini bertujuan bahwa pengadilan tersebut benar-benar menerapkan undang-undang tentang keterbukaan informasi publik terutama yang berhubungan dengan perkara/ isu lingkungan hidup.

     acara yang diselenggarakan oleh United State Agency for International Development-Changes for Justice (USAID-C4J) dan Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) yang bekerja sama dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia diisi oleh nara sumber Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH (Hakim Agung), Dr. Ridwan Mansyur, SH (Kepala Biro Humas MA RI) dan Dr. Abdullah (DIklat Kumdil MA RI ) serta juga para pelatih dari ICEL.

     Sementara itu dari Pengadilan Negeri Bangkinang mengirimkan 3 personil untuk mengikuti pelatihan yaitu Bapak. Yunto Safarillo H.T, SH, MH (Wakil Ketua PN Bangkinang), Sulistyo Andhi Bawono, SH (Panitera Pengganti) dan Jumari, ST (Kaur Umum/ Anggota Tim PPID PN Bangkinang), hasil dari pelatihan tentang PPID tersebut akan segera diterapkan di Pengadilan Negeri Bangkinang.