Tanggal Posting: 26-05-2017 12:29:30

PELATIHAN DAN SIMULASI KESIAPSIAGAAN TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI PN BANGKINANG KELAS IB

Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB menggelar simulasi tanggap darurat kebakaran di Kantor Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB pada hari Rabu, 24 Mei 2017. Kegitan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi darurat kebakaran baik dilingkungan kantor pada instalasi jaringan Listrik dan Gedung dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Simulasi tanggap darurat kebakaran ini diadakan juga dalam rangka menuju proses Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB

Acara dimulai pukul 10.00 di Ruang Sidang Utama Gedung PN Bangkinang, Acara dibuka dengan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang yaitu Bapak Muhammad Arif Nuryanta, SH, MH, dilanjutkan dengan penjelasan materi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) oleh Ike Putri Sari, SKM, MKes (Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Madya / Konsultan K3 ), Selanjutnya pelatihan Manajemen Sistem Pengamanan Kebakaran oleh AFRIZAL, SH, MH, (Pemadam Kebakaran/Praktisi FIRE) dari Satpol PP Kab. Kampar, setelah acara pelatihan teoritis di berikan oleh kedua nara sumber tersebut kemudian acara dilanjutkan dengan simulasi dan pelatihan pemadaman kebakaran dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang dilaksanakan di halaman depan gedung kantor PN Bangkinang, yang menarik dari simulasi ini juga di ajarkan tentang bagaimana memberikan pertolongan terhadap korban yang memungkinkan untuk ditolong yang terjebak didalam ruangan yang sedang terbakar dengan berbagai teknik penyelamatan. Peserta pelatihan yang merupakan seluruh hakim dan pegawai PN Bangkinang semakin antusias tak kala pelatih AFRIZAL, SH, MH, meminta salah satu pegawai untuk Menelepon nomor kantor petugas kebakaran dan ternyata kurang dari lima menit mobil kebakaran telah datang dan siaga dihalaman gedung kantor PN Bangkinang.

Simulasi tanggap darurat kebakaran ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat atau di lingkungan kerja (di dalam kantor). Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah mengaplikasikan teknik penanggulangan dan pemadaman kebakaran berdasarkan media pemadaman APAR, baik yang jenis Karbondioksida dan jenis powder (bubuk). Setiap peserta diberi kesempatan untuk memadamkan api menggunakan dua jenis APAR tersebut. Penggunaan APAR powder relatif lebih mudah karena jarak efektifnya mencapai 3-5 meter. Namun, jenis ini cocok digunakan diluar ruangan karena memiliki material sejenis debu atau unsur kimia yang akan menghentikan reaksi pembakaran yang sedang berlangsung pada material tersebut.

Acara ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi setiap pegawai di lingkungan Pengadilan Negeri Bangkinang terkait keselamatan di lingkungan kerja.