Pengirim : Admin Sistem
Tanggal Kirim: 14-09-2021 14:50:33

PN BANGKINANG ADAKAN SOSIALISASI APLIKASI ANTRIAN SIDANG



BANGKINANG - HUMAS, Pada hari Selasa 14 September 2021 pukul 09.00 s.d 11.00 WIB telah diadakan Sosialisasi Aplikasi Antrian Persidangan pada Pengadilan Negeri Bangkinang. Setelah acara sosialisasi di buka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang Ibu Riska Widiana, S.H., M.H. selanjutnya presentasi dan sosialisasi yang di bawakan oleh JUMARI, ST, MH, (Kasubbag Perencanaan, TI dan Pelaporan Pengadilan Negeri Bangkinang), sosialisasi yang di hadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda, Panitera Pengganti dan Petugas Protokoler Sidang Pada Pengadilan Negeri Bangkinang bertujuan dilaksanakannya sosialisasi ini yaitu untuk mengetahui prosedur dan alur cara kerja sistem ini serta dapat diimplementasikan dengan baik di PN Bangkinang,

- Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa:
- Aplikasi antrian persidangan ini berbasis web,
- Terintegrasi dengan aplikasi SIPP,
- Peralatan pendukungnya yaitu Komputer dan Monitor Touchscreen, Printer cetak Tiket, Monitor TV Antrian Persidangan, Tablet Pemanggil antrian dan Sound System.
- Aplikasi ini juga dapat diakses melalui komputer/PC, Laptop yang terkoneksi dengan jaringan LAN Kantor serta
- Monitoring antrian persidangan dapat di akses dari ruangan Pimpinan, Hakim, Kepaniteraan dan sebagainya.
Nomor antrian sidang dikelompokkan berdasarkan Majelis Hakim dan jenis perkara, Nomor antrian untuk tiap majelis hakim dimulai dari angka satu.
Didalam tiket antrian terdapat informasi: Nama Majelis, Jenis Perkara, Nomor Antrian, Nomor Perkara, Nama Panitera Pengganti, Nama Pihak yang mengambil antrian, Tanggal dan Jam No antrian diambil,



Adapun pengguna dari aplikasi antrian persidangan ini adalah
1. Para Pihak: Penggugat, Tergugat, Turut Tergugat, Jaksa, Advokat.
2. Petugas Meja Protokoler Sidang: membantu para pihak mengambil nomor antrian
3. Pimpinan: Memonitoring antrian sidang dan persidangan
4. Hakim: Memonitoring antrian sidang dan persidangan
5. Panitera Pengganti: melakukan pemanggilan sidang
6. Petugas Persidangan: membantu akukan pemanggilan sidang
7. Administrator/ PTIP: melakukan setting aplikasi, sincronisasi antrian sidang dengan jadwal SIPP



Setelah sosialisasi selesai dilanjutkan dengan tanya jawab seputar penggunaan aplikasi antrian persidangan, Masukkan dan saran dari Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang supaya dikembangkan lagi dengan menambah fitur hakim dapat menginformasikan kepada hakim anggota dan PP untuk memulai persidangan. Selesai pemaparan sosialisasi di ruang sidang cakra dilanjutkan dengan simulasi penggunaan aplikasi antrian persidangan ruang tunggu persidangan tempat aplikasi antrian.







.