Pengirim : Admin Sistem
Tanggal Kirim: 13-10-2023 09:03:03

KUNJUNGAN KERJA DAN PEMBINAAN ESELON I MAHKAMAH AGUNG RI KE PENGADILAN AGAMA LABUAN BAJO



Labuan Bajo - Humas : Mulai Bulan depan, Jaminan kesehatan untuk para Hakim mulai bisa digunakan, maka bapak dan ibu hakim harus bisa menjaga kesehatan dengan mempergunakan hak kesehatan untuk medikal check up dan memeriksakan kesehatan tanpa rujukan ke rumah sakit atau klinik kesehatan terdekat.

Demikian disampaikan oleh Plt. Sekretaris Mahkamah Agung dalam kegiatan kunjungan kerja dan pembinaan oleh Eselon I pada hari rabu 11 oktober 2023 bertempat di pengadilan Agama labuan bajo.

Sugianto yang merupakan Kepala badan pengawasan juga menyampaikan bahwa para pimpinan di pengadilan, mempunyai kewajiban untuk menjadi Role model atau panutan bagi anak buahnya, selain itu, para pimpinan di pengadilan juga mempunyai kewajiban untuk melakukan pembinaan dan pengawasan sesuai dengan peraturan Mahkamah Agung no.8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya.

Ditempat yang sama Bambang H. Mulyono ,Plt. Dirjen Badilag Mahkamah Agung menyampaikan bahwa kualitas SDM di pengadilan harus terus di tingkatkan dan terus melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan (skill).

Peningkatan Kemampuan (Skill) SDM dapat dilakukan dengan mengikuti Pelatihan, salah satunya dengan mengikuti pelatihan secara online seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa pengadilan agama dengan melakukan materi diskusi yang beragam secara berkelanjutan.

Lebih lanjut, Bambang H.Mulyono yang juga merupakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan MA RI menyampaikan bahwa terkait dengan adanya kekurangan SDM, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan penggunaan aplikasi, beberapa aplikasi sudah diterapkan dan bisa menjalankan tugas beberapa orang menjadi satu kesatuan dengan menggunakan satu aplikasi.

Diwaktu yang bersamaan, Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H. ,Panitera Mahkamah Agung RI dan H. Bambang Myanto S.H.,M.H, Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI juga melakukan kunjungan kerja dan Pembinaan di Pengadilan Negeri Labuan Bajo.

Acara kunjungan kerja dan pembinaan oleh Eselon I di Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama dihadiri oleh Ketua Pengadilan tingkat banding dan tingkat pertama ,panitera dan sekretaris sewilayah Kupang.(Isp/ Pn/ Yrz) .