HALAMAN UTAMA >> BERITA PN BANGKINANG >> PN BANGKINANG BEKERJA SAMA DENGAN BRI ADAKAN TRAINING SERVICE EXCELLENT PENINGKATAN BUDAYA PELAYANAN PRIMA UNTUK PEGAWAI PN BANGKINANG
Pengirim : Admin Sistem
Tanggal Kirim: 06-03-2019 14:18:38
PN BANGKINANG BEKERJA SAMA DENGAN BRI ADAKAN TRAINING SERVICE EXCELLENT PENINGKATAN BUDAYA PELAYANAN PRIMA UNTUK PEGAWAI PN BANGKINANG
BANGKINANG - HUMAS, Hari Rabu Tanggal 6 Maret 2019, bertempat di Ruang Sidang Utama diadakan Kegiatan Pelatihan Training Service Excellent Peningkatan Budaya Pelayanan Prima kepada para Pegawai PN Bangkinang khususnya Petugas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB oleh perwakilan karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Riau. Hal ini berdasarkan dengan Surat Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang sebelumnya mengenai Permohonan untuk mendapatkan pelatihan atau training terkait Training Service Excellent Peningkatan Budaya Pelayanan Prima oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Riau. sebagai nara sumber Ibu Vitra dari BRI Kanwil Riau dibantu oleh Ibu Ledy dari BRI Cab. Bangkinang.

Ibu Ketua PN Bangkinang Kelas IB dalam sambutannya sangat berterima kasih atas bersedianya PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berbagi ilmu memberikan training terkait Service Excellent Peningkatan Budaya Pelayanan Prima untuk Pegawai PN Bangkinang, memang saat ini di PN Bangkinang telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, meskipun demikian masih juga terdapat kekurangan atau komplain dari masyarakat terkait pelayanan tersebut, sehingga dirasa perlu pegawai PN Bangkinang khususnya petugas PTSP untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan terkait Service Excellent Peningkatan Budaya Pelayanan Prima, mudah-mudah pelatihan pagi hari ini menambah ilmu pengetahuan dan dapat diaplikasikan dalam memberikan layanan kepada masyarakat, demikian tutur Ketua PN Bangkinang.

Dalam pemaparan training tersebut Ibu Vitra terlebih dahulu menguraikan tentang visi, misi dan motto PN Bangkinang, kemudian menjelaskan bahwa dalam pelayanan publik ada aspek-aspek yang harus diperhatikan yang pertama Aspek SDM yaitu berupa tenaga front office untuk di Pengadilan Negeri Bangkinang berarti petugas di PTSP, tenaga cleaning service dan satpam, dari aspek fisik berupa fasilitas yang tersedia contohnya kebersihan dan kenyamanan ruangan serta fasilitas lain seperti tersedianya papan informasi yang dapat dilihat dengan jelas dan update dsb. selanjutnya yang kedua Petugas Pelayanan harus memiliki Skill : memberikan informasi detail seputar kebutuhan pengunjung, mengarahkan pengunjung sesuai dengan kebutuhannya, memberikan informasi yang jelas dan lengkap. dan yang ketiga adalah Sikap : melayani dengan berdiri, menyambut dengan ramah, menerapkan prinsip SMART (Sederhana, Melayani, Akuntabel, Responsif, dan Transparan) yang merupakan motto Pengadilan Negeri Bangkinang.

Selanjutnya juga diuraikan tentang faktor – faktor yang mendukung sikap profesional petugas pelayanan antara lain ekspresi berupa senyum dan kontak mata, postur berupa tegak/tidak membungkuk dan menghadap ke lawan bicara, gestur berupa terbuka, menyambut dan memeprsilahkan dan kata-kata berupa pemilhan kata, volume suara dan intonasi. Kemudian cara menangani komplain dari pengunjung yaitu dengan menggunakan prinsip TUNTAS yaitu Tenangkan Diri, Upayakan Menyimak, Nyatakan Maaf dan Pengertian, Telusuri Permasalahan, Ajukan Solusi, Selesaikan dengan Positif. dalam training tersebut juga diadakan simulasi langsung oleh Petugas PTSP dalam hal memberikan pelayanan, menerima tamu dan menghadapai komplain dari masyarakat.

Dari kegiatan ini banyak diperoleh ilmu dan pengetahuan baru yang akan sangat bermanfaat bagi para Petugas PTSP dan Patugas Keamanan Pengadilan Negeri Bangkinang dalam memberikan Pelayanan Prima kepada para pengunjung atau masyarakat yang berkunjung. Demikian kegiatan ini berlangsung dengan penuh antusias serta berjalan dengan lancar hingga selesai.
.