Pengirim : Admin Sistem
Tanggal Kirim: 05-06-2021 15:49:09

PN BANGKINANG ADAKAN SOSIALISASI SIMULASI TANGGAP DARURAT DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN BEKERJA SAMA DENGAN DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KABUPATEN KAMPAR.



BANGKINANG - HUMAS, Pada hari Selasa 15 Juni 2021 pukul 09.30 WIB telah diadakan Sosialisasi Simulasi Tanggap Darurat dan Penanggulangan Kebakaran Bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kampar. Tujuan dari pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat atau di lingkungan kerja. Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah mengaplikasikan teknik penanggulangan dan pemadaman kebakaran berdasarkan media pemadam. Dilanjutkan dengan Pengenalan alat - alat yang digunakan saat terjadinya kebakaran dan bagaimana sikap yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran, kemudian Setelah disampaikan materi tentang APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan cara penggunaanya dilanjutkan dengan praktek penggunaan APAR dihalaman gedung Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB

Pelatihan yang diikuti oleh Pimpinan, Hakim, pegawai dan staff Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB ini yang bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kampar. Acara dibuka Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB ibu Riska Widiana, SH, MH dan Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kampar yaitu Lukmansyah Badui, S.Sos, M.Si, selanjutnya penyampaian materi tentang cara penggunaan alat pemadam kebakaran yang dilanjutkan dengan praktik langsung memadamkan api dengan alat pemadam api. Materi diberikan dan dibimbing oleh Kabid pencegahan Ibu Popy Rahmadini, S.Km, M.Si. beserta tim teknisi alat pemadam api berpengalaman dari Tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kampar.

Setelah penyampaian materi, tim Damkar memberikan simulasi kebakaran mulai dari jalur evakuasi dan titik kumpul secara langsung, Ketua dan Wakil Ketua berserta seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB juga praktek dalam simulasi memadamkan api menggunakan alat tradisional Karung Goni maupun menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di tempat yang terbuka.

Pelatihan penggunaan alat pemadam kebakaran dan simulasi adalah pelatihan khusus untuk melatih kecakapan pegawai dan aparat keamanan Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB dalam menggunakan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar. Pelatihan ini sangat diperlukan agar pegawai dan petugas keamanan dapat selalu siap siaga ketika suatu saat terjadi bencana kebakaran di lingkungan kerja. Sehingga dengan diadakanya pelatihan tersebut pegawai dapat menggunakan alat pemadam kebakaran dengan tepat dan cepat jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran di lingkungan kerja. Adapun dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka peningkatan mutu dan pelayanan di Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas IB dalam rangka Akreditasi Penjaminan Mutu.

.