HALAMAN UTAMA >> BERITA PN BANGKINANG >> Pelatihan Service Training Excellent Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Bangkinang Bekerja sama Dengan Bank BRI Cab. Bangkinang
Pengirim : Admin Sistem
Tanggal Kirim: 27-08-2021 15:09:16
PELATIHAN SERVICE TRAINING EXCELLENT PETUGAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) PN BANGKINANG BEKERJA SAMA DENGAN BANK BRI CAB. BANGKINANG
BANGKINANG - HUMAS, Pada hari Jumat 27 Agustus 2021 pukul 10.00 s.d 12.00 WIB telah diadakan Kegiatan Pelatihan Service Training Excellent Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Bangkinang. Acara Kegiatan Pelatihan Service Training Excellent Petugas PTSP PN Bangkinang bekerja sama dengan Bank BRI Cab. Bangkinang. di buka oleh Bapak Ricko Oktavius, ST (Sekretaris Pengadilan Negeri Bangkinang), sosialisasi yang di hadiri oleh Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda, Kepala Subbagian, Petugas PTSP dan Petugas Protokoler Sidang Pada Pengadilan Negeri Bangkinang bertujuan meningkatkan pelayanan dan kinerja dalam pelayanan publik kepada masyarakat,
Setelah acara sosialisasi di buka oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Bangkinang selanjutnya sambutan dari Ketua Tim Trainer BRI Cab. Bangkinang Ibu Rini Kurniawati dalam sabutannya Ketua Tim Trainer BRI menyambut baik kerja sama dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan pihak Bank BRI sangat senang dapat berbagi ilmu terutama terkait Service Training Excellent. pemaparan sosialisasi disampaikan oleh Ameliawati (Sekretaris Bank BRI Cab. Bangkinang).
Dalam Pelatihan Service Training Excellent pemateri menjelaskan antara lain:
1) Menjelaskan Visi dan Misi Pengadilan Negeri Bangkinang dan dikaitkan dengan pelayanan prima.
2) Aspek pysic dalam pelayanan publik
- Kebersihan dan ketersediaan peralatan dan perlengkapan area kantor
- Kebersihan dan kenyamanan ruangan
- Tersedia kursi yang cukup
- Tersedia papan informasi yang dapat dilihat dengan jelas dan up date.
- Tersedia nomor antrian, agar pengunjung lebih tertib, Dll
3) Skill seorang Petugas Pelayanan
- Memberikan informasi detail seputar kebutuhan pengunjung.
- Mengarahkan pengunjung sesuai dengan kebutuhannya.
- Memberikan informasi yang jelas dan lengkap.
4) Sikap seorang Petugas Pelayanan
- Melayani dengan berdiri, menyambut dengan ramah, menerapkan prinsip SMART, terhadap pengunjung yang dilayani
5) Faktor-faktor yang mendukung sikap Profesional seorang Petugas Pelayanan:
- Ekspresi: Senyum Kontak mata
- Postur: Tegak / tidak membungkuk, Menghadap ke arah lawan bicara
- Gestur: Terbuka, Menyambut, Mempersilahkan
- Kata-kata: Pemilihan Kata, Volume Suara, Intonasi
6) Hal - Hal Yang Menyebabkan Komplain Pengunjung
- Merasa tidak dipedulikan
- Merasa tidak didengarkan
- Pemberi layanan menggunakan kata- kata yang tidak tepat
7) Langkah-langkah dalam menangani komplain:
- Tenangkan Diri
- Upayakan Menyimak
- Nyatakan Maaf dan Pengertian
- Telusuri Permasalahan
- Ajukan Solusi
- Selesaikan dengan Positif
Dalam Pelatihan Service Training Excellent ini para petugas PTSP PN Bangkinang dilatih memperagakan secara langsung dalam memberikan pelayanan.
.